Cara Mudah Membuat USB Bootable Linux Menggunakan Balena Etcher

138 views
Cara Membuat Usb Bootable Linux Menggunakan Balena Etcher

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sebenarnya selain Balena Etcher ada banyak sofware/aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat USB Bootable Linux. Misalnya aplikasi Unetbootin, Rufus, Linux USB Creator dll.

Namun dari sekian banyaknya aplikasi yang pernah saya coba untuk membuat USB Bootable, hanya Balena Etcher yang paling mudah dan selalu berhasil/belum pernah gagal.

Sebelum saya mengenal aplikasi ini saya lebih sering menggunakan aplikasi Rufus, namun kadang-kadang gagal pada saat proses menulis file ISO di SD Card/USB Flashdisk.

Aplikasi Etcher ini juga mendukung banyak OS, bisa digunakan di Windows, Linux, Mac OS dll.

Salah satu fitur yang saya suka adalah bisa mendeteksi SD Card/USB Flashdisk secara otomatis, jadi bisa menghindari kesalahan karena memilih Hardisk.

Oke, kita langsung ke tutorialnya saja ya..

Cara Membuat USB Bootable Linux Menggunakan Balena Etcher

Persiapan :

  • USB Flashdisk/SD Card.
  • File Iso Linux yang akan kita pakai.
  • Aplikasi Balena Etcher yang sudah diinstall di laptop. Kalau dilaptop kamu belum terinstal bisa baca di tutorial ini Cara Instal Aplikasi Balena Echer di Windows 10.

Pertama-tama colokan dulu USB Falshdisk/SD Card yang akan kamu gunakan untuk membuat bootable.

Untuk contohnya saya menggunakan SD Card yang berkapasitas 2 GB, rekomendasi saya 4 Gb saja biar lebih aman, tapi kalau ukuran file ISOnya di bawah 2Gb, menggunakan yang 2 Gb saja sudah cukup. File Iso yang saya gunakan adalah MX Linux, saya penasaran saja dengan MX Linux pengen nyoba Distro ini karena di laman Distro watch memiliki ratting paling tinggi.

Setelah SD Card atau USB Flashdik sudah tercolok ke slot USB selanjutnya kita buka aplikasi Balena Etcher dengan klik kanan > open atau double click.

Tampilannya sepeti di gambar diatas tadi, kalau kamu sudah sering membuat USB Bootable tentu tidak ada rasa bingung dengan cara menggunakan aplikasi ini, tapi buat kamu yang belum terbiasa atau bahkan belum pernah membuat USB Bootable tentu sedikit bingung. Oke, saya pandu step by stepnya ya.

Disitu ada 3 menu yang saya beri tanda lingkaran oval biru dan diberi nomor 1 sampai 3.

Menu nomor 1 untuk memilih file ISO yang akan kita tulis di USD Bootable/SD Card, untuk contoh saya menggunakan file ISO distro Linux MX linux-19 yang 64 bit.
No 2 menunjukan hardware yang digunakan untuk menulis file ISO, seperti saya katakan diatas aplikasi ini akan otomatis mendeteksi USB Flashdisk/ atau SD Card. Karena untuk contoh saya menggunakan SD Card dengan kapasitas 2 Gb, disitu terlihat tulisan “SD Card Change 1.98 Gb”. Kalau kamu menggunakan USB Flashdisk biasanya akan terdeteksi Merk dan besarnya kapasitas USB kamu.
Untuk no 3 ini belum bisa di klik, setelah kita memilih File ISOnya tombol ini akan aktif dan berubah menjadi biru fungsinya untuk memulai proses penulisan file ISO atau USB Bootablenya nanti. Lihat gambar 1.

Gambar 1.

Silahkan kamu klik tombol biru Select image lalu cari dimana kamu menyimpan file ISOnya, kalau sudah ketemu klik 2X pada file tersebut. Lihat gambar 2.

Gambar 2.

Perhatikan sekarang tampliannya berubah kan, bagian file iso berubah menunjukan file ISO yang kamu pilih tadi dan tombol flashnya sekarang sudah aktif/bisa diklik. Lihat gambar 3.

Gambar 3

Selanjutnya klik tombol Flash! yang no 3 tadi. Nanti akan muncul Box Windows Command Processor klik Yes. Lihat gambar 4.

Gambar 4

Nah Prosesnya sudah berjalan tunggu sampai 100%. Lihat gambar 5.

Gambar 5

Masih proses.

Gambar 6.
Gambar 7.

Nah sudah selesai, Alhamdulillah akhirnya kamu bisa juga membuat USB Bootale Linux menggunakan Balena Etcher, selamat ya hehe..

Oke.. karena kamu sudah berhasil saya akhiri tutorial ini,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tags: #balena etcher #install ulang

Leave a reply "Cara Mudah Membuat USB Bootable Linux Menggunakan Balena Etcher"

Author: 
    author