Pengertian Ebook Sejarah dan Jenis Format Ebook

109 views
Pengertian Ebook Sejarah dan Jenis Format Ebook

Assalamu’alaikum warahmatulaahi wabarakatuh.

Hello Fren, Heloo,

Ngobrol tentang Ebook yuk,

Btw, ada yang tahu apa iyu Ebook?

Pengertian Ebook

Ebook adalah singkatan dari Electronik Book atau dalam bahasa Indonesianya, Buku Elektronik. 

Hampir sama dengan sofware, karena bentuknya elektronik/tidak memiliki bentuk secara fisik, ebook tidak bisa diraba atau dipegang.

Ebook itu simple, tidak seperti buku biasa yang tebal-tebal dan memerlukan ruangan khusus untuk menyimpan. 

Rata-rata ukuran ebook kecil, ada di kisaran MB, saya belum pernah menemukan ebook yang besarnya lebih dari 1000 MB/1GB. 

Karena bentuknya yang kecil ini ebook mudah cara penyimpanannya, bisa disimpan di SD Card lalu dimasukan ke Hp atau langsung disimpan di Komputer PC/Laptop.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang ebook, kita cari tahu sejarahnya dulu yuk,

Sejarah Ebook

Ini dari beberapa referensi yang saya baca, namanya Michael Stern Hart yang pertama kali menemukan ebook pada tahun 70an.

Beliau juga yang mendirikan Project Gutenberg, proyek pertama yang membuat versi ebook dari buku cetak dan menyebarkannya di internet.

Begini awal mula munculnya ide untuk membuat ebook, saya kutip dari salah satu wawancara beliau di tahun 2002,

“Kebetulan saya berhenti di IGA, sebuah supermarket lokal. Saat itu kami baru saja merayakan ulang tahun Amerika ke 200 dan banyak salinan dokumen sejarah yang dibagikan pada masyarakat termasuk di supermarket itu yang juga diberikan pada konsumen. Saya tengah mencoba mengambil makanan dari ransel saat saya tanpa sengaja mengambil sebuah dokumen Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Dan saat itu ide untuk membuat ebook muncul.”

“Saya berpikir apakah saya bisa melakukan sesuatu dengan komputer, lebih dari sekedar mengetik naskah kemerdekaan. Sesuatu yang bisa bertahan sampai 100 tahun. Dan kemudian lahirlah Project Gutenberg.”

Ebook pertama yang dibua oleh Harts adalah dokumen Naskah Kemerdekaan Amerika yang disimpan di PG (Project Gutenberg.

Lalu mulai sekitar tahun 1971 beliau fokus Di PG untuk mengabdikan dirinya, mendigitalisasi dan menyebar luaskan tulisan/buku dari karya dalam domain publik yang memiliki hak cipta gratis atau kadaluarsa.

Kalau ga salah sekarang PG sudah memiliki 61 ribu ebook

Begitu sedikit gambaran tentang sejarah Ebook.

Jenis Jenis Format Ebook

Ada beberapa jenis format ebook, dan setiap formatnya memiliki karakter masing-masing, misalnya besarnya ukuran dan apliasi yang digunakan untuk membacanya. 

dibawah ini saya ulas beberapa jenis ebook dan aplikasi untuk membacanya.

  1. Teks polos adalah format paling sederhana yang dapat dilihat hampir dalam setiap peranti lunak menggunakan komputer personal. Untuk beberapa devais mobil format dapat dibaca menggunakan peranti lunak yang harus lebih dahulu diinstal.
  2. EPUB– Electronic Publication. Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (idpf). EPUB mengacu kepada standar XHTML dan XML. Ini adalah standar yang sedang berkembang. Spesifikasi untuk EPUB dapat ditemukan di situs web IDPF, Adobe, Barnes & Noble, dan Apple, masing-masing memiliki DRM mereka sendiri. Format tersebut tidak kompatibel antara satu dengan yang  lainnya. Saat ini sudah ada versi terbaru yaitu ePub 3,  tetapi belum digunakan secara luas.
  3. AZW– Amazon World. Sebuah format proprietary Amazon, yang menyerupai format MOBI kadang-kadang dengan dan kadang- kadang tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format ini dikhususkan untuk Kindle Amazon.
  4. azw3, adalah Format Kindle 8 atau disebut dengan KF8 merupakakn versi baru AZW​​. format ini mendukung HTML5 dan CSS3 yang tidak didukung melalui format AZW standar.
  5. PDF– Portable Document Format yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Format ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkat lunak untuk format ini hampir mencakupi semua platform komputer dan perangkat genggam.
  6. JPEG Seperti halnya format gambar lainnya, format JPEG memliki ukuran yang besar dibandingkan informasi teks yang dikandungnya, oleh karena itu format ini umumnya populer bukan untuk buku elektronik yang memilki banyak teks akan tetapi untuk jenis buku komik atau manga yang proporsinya lebih didominasi oleh gambar.
  7. MOBI– Format MobiPocket, ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengkonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt file  ke format ini. Kindle menampilkan format mobipocket juga.
  8. KF8– Format Kindle Fire dari Amazon. Hal ini pada dasarnya  sama dengan prinsip ePub yang disusun dalam pembungkus Palm File Database (PDB) dengan Digital Right Management (DRM) milik Amazon.
  9. LIT merupakan format dari Microsoft Reader yang memungkinkan teks dalam buku elektronik disesuaikan dengan lebar layar mobile device yang digunakan untuk mebacanya. Format ini memiliki kelebihan bentuk huruf yang nyaman untuk dibaca.
  10. PDB– Palm File Database. Dapat menyertakan beberapa format buku digital yang berbeda, yang ditujukan untuk perangkat berbasiskan sistem operasi Palm. Pada umumnya digunakan untuk buku digital berformat PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader juga.
  11. PRC– Palm Resource File, Sering menyertakan alat baca Mobipocket tetapi kadang-kadang menyertakan eReader atau alat baca AportisDoc.
  12. CBR, adalah sebuah file terkompresi yang memungkinkan serangkaian gambar buku komik untuk disimpan. Gambar-gambar ini dapat masukkan dan diformat sehingga bisa ditampilkan secara berdampingan.
  13. DjVu, dikembangkan oleh AT & T dan digunakan sebagai teknologi kompresi gambar yang merupakan alternatif open source ke PDF. Hal ini memungkinkan untuk dokumen yang dipindai, foto, dan gambar dengan resolusi sangat tinggi untuk didistribusikan melalui internet. Plugin DjVu umumnya terdapat pada browser,  Mac dan Windows.
  14. TCR, jenis file ini dikembangkan oleh Psion untuk digunakan pada perangkat Palmtop Seri 3. File inidikembangkan pada tahun 1990-an. Format ini ditujukan untuk perangkat pembaca e-book tertentu yang akan menampilkan file .tcr. Format file ini sudah usang menyusul penghentian perangkat Palmtop.
  15. Doc/Docx merupakan format dari Microsoft Word yang sangat banyak ditemui sekarang dan tersebar di Internet, format ini sangat banyak digunakan karena banyaknya pengguna MS Word dan file keluaran yang cukup kecil, selain itu huruf yang lebih variatif membuatnya sangat digemari.
  16. RTF adalah Rich Text Format (RTF) yaitu format file yang memungkinkan anda untuk menulis file teks, simpan pada satu sistem operasi dan kemudian memiliki kemampuan untuk dibuka. Kelemahan format ini adalah kita tidak dapat menambahkan file gambar di dalam dokumen. Anda dapat membuat file dengan menggunakan Microsoft Word di Windows, menyimpannya sebagai file RTF (itu akan memiliki nama file dengan akhiran .rtf) file ini dapat di buka  dengan WordPerfect 6,0 atau aplikasi teks editor pada setiap versi Windows’.
  17. HTML– Hyper Text Markup Language adalah tulang punggung dari World Wide Web. Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini. Selain itu, beberapa pembaca e-book mendukung Cascading Style Sheets (CSS) yang pada dasarnya gayautama panduan  untuk halaman HTML.
  18. CHM– Compressed HTML, sering digunakan untuk file bantuan Windows. Hal ini telah menjadi sangat populer untuk distribusi teks dan bahan pendukung lainnya melalui Web.
  19. XHTML– versi khusus dari HTML dirancang agar sesuai dengan aturan konstruksi XML. Ini adalah format standar untuk data epub.
  20. XML– tujuan umum markup language untuk pertukaran data. Dalam konteks digital book umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed meskipun beberapa format lain yang telah ditetapkan.
 

Dari sekian banyaknya jenis ebook yang paling populer di internet adalah format PDF. 

Hampir semua koleksi ebook saya berformat jenis PDF tapi ada juga yang berformat CHM, dan kalao ga salah dulu juga ada format Jar, yang dibaca menggunakan hp java jadul.

Kelebihan dan Kekurangan Ebook

Kelebihan Ebook :

  1. Simple dan mudah dibawa kemana-mana
  2. Tidak perlu rak buku
  3. Ukuranya relatif kecil
  4. Harganya lebih murah dibanding versi buku cetaknya
  5. Tidak memerlukan kertas dan tinta dll.

Kekurangan Ebook

  1. Rentan sekali pembajakan, hampir kebanyakan ebook yang beredar di internet adalah ebook bajakan
  2. Mudah rusak, bila tempat yang digunakan untuk menyimpan ebook rusak, maka otomatis ebooknya juga rusak
  3. Terbatas, karena tidak semua buku cetak ada versi ebooknya dll.

Oke, saya rasa cukup ya ngobrol tentang Ebooknya, saya akhiri

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Referensi :

  • https://www.mumbool.com/2019/07/macam-format-buku-digital.html
  • https://linkpengetahuan.blogspot.com/2017/05/penemu-ebook-dan-sejarah-singkatnya.html

Tags: #ebook #pdf

Leave a reply "Pengertian Ebook Sejarah dan Jenis Format Ebook"

Author: 
    author